Cari Di sini !

Thursday 5 February 2015

BLOGGING | Blog Maintenance Feb 2015


Iya, iya... Aku tahu kok, yang nulis blog ini jarang nongol. Jadi boro-boro maintain blog, nulis postingan aja jarang kan?? Hehe. 

Eum, tapi sebenarnya, dari 2-3 bulan lalu aku sudah mulai rutin melakukan yang namanya 'blog maintenance', lho. Biasanya aku lakukan sebulan sekali saja, termasuk bulan ini.

Apa itu blog maintenance? Dan ngapain aja?

Sesuai namanya, blog maintenance itu ya nge-maintain blog, melakukan perawatan/pembenahan pada blog. Tujuannya, agar blog kita lebih rapih dan tertata. 

Dalam melakukan maintain blog, kita bisa memperbaiki apa saja yang dianggap kurang, misalnya merapihkan layout yang berantakan, jawab komentar, buang komen spam yang belum sempat dibuang, cari postingan mana yang harus masuk ke dalam draft lagi, dan lain-lain.

Kegiatan ini pun bisa jadi kesempatan kita untuk introspeksi, misalnya cek kualitas tulisan, kualitas foto,  traffic dan konten blog lainnya, apakah lebih baik dari bulan lalu atau malah sebaliknya. Lebih bagus lagi, kalau bisa sekaligus bikin schedule untuk postingan blog kita selama satu bulan kedepan (aku sejujurnya belum bisa begini).

Nah, banyak untungnya kan? Ya, ngepost boleh lah jarang, tapi perawatan jalan terus, hehe #pembelaan

Karena aku mengelola beberapa blog, jadi yang namanya blog maintenance itu harus punya jadwal sendiri agar tidak terlupa, aku juga menulis daftar hal-hal yang ingin kubenahi dalam blogku.

Biasanya aku melakukannya setiap sebulan sekali di awal bulan, Kemudian saat melakukan maintenance, lebih baik kita ubah blog ke mode private. Kalau pengerjaanya memakan waktu lama (misalnya mau otak-atik template or layout), kita bisa membuat blog kita menjadi semacam halamam 'maintenance mode', jadi kalau ada yg masuk ke blog kita pengunjung bisa melihat semacam pemberitahuan, misalnya 'blog under maintenance, check back soon'.

Kalau di bulan ini, aku hanya melakukan sedikit perbaikan saja. Bukan perbaikan tetap sih, karena bisa saja bulan depan balik seperti semula, atau melakukan penambahan lagi, atau malah dikurang-kurangi lagi. 

Yang aku lakukan di bulan ini adalah:


Membuang widget-widget yang kurang berguna

Misalnya widget FEEDJIT.

Yang suka mampir ke sini, mungkin ngeh kalau aku pasang FEEDJIT di sidebar blog ini, itu lho... widget yang bisa memberikan informasi traffic blog kita secara real time.

Setelah mendapat pencerahan dari blogger senior tentang risiko memasang widget yang memberikan informasi traffic blog, aku berpikir ulang, ternyata kerugian memasang Feedjit memang lebih besar daripada untungnya. Katanya, memasang feedjit sangat beresiko untuk blog-blog yang pageview hariannya relatif tinggi, karena setiap orang bisa mempelajari postingan atau keyword apa yang paling tinggi peminat dan pembacanya. Kalau ada yang berniat jahat, bisa saja ada orang yang mencuri tulisan kita yang punya jumlah pageview yang bagus.

Pantas saja, seorang plagiator blog ini hanya mengkopas postingan BCQ yang memiliki pageview tertinggi saja. Plagiator? Iya, blog ini pernah diplagiat habis-habisan! T_T (Kalau mau tahu ceritanya bisa baca ceritaku disini [CLICK]).

Lagipula, aku mau blog ku terlihat lebih bersih, tidak bertumpuk banyak 'sesuatu', mengingat aku memilih satu sidebar saja untuk blog ku ini

Moderasi komentar

Bener-bener deh, komentar SPAM semakin banyak akhir-akhir ini!! 

Yang secara gamblang komentar jualan, ada!
Terus ada juga yang seakan-akan berkomentar dengan tulus, tapi ternyata menyisipkan link aktif ke lapak jualannya! Heuh.

Kalau ada yang komen follow-followan atau menyisipkan alamat blognya di komentar blogku ini, aku belum menganggap itu spam, meski harus hati-hati juga kalau mau klik link aktif. Bisa saja tulisannya alamat blog pribadi, eh pas diklik ternyata lapak jualan (pengalaman).

Maka dari itulah, mulai hari ini aku coba memoderasi komentar yang masuk.

Siapa saja bisa berkomentar

Kecuali anonymous! :D

Kalau dulu, di blog ini kan hanya pemegang akun-akun yang diizinkan Blogger (registered account) saja yang bisa berkomentar, sekarang siapa saja boleh lah. Karena ternyata tidak semua orang punya akun Google (sebenarnya ini agak aneh sih buatku, hehe).

Oiya, kemarin sempat sih pakai kolom komentar Google Plus, tapi anehnya kenapa komentar baru gak ada notifikasi ke emailku, ya? Ada yang bisa bantu? :)

Update 'About' dan 'Meet Momzhak'

Ah, ini belum selesai sih.

Terus, page blog  masih ada yang harus kutambahi dan aku kurangi. Rencananya mau aku tambah page privacy policy atau semacam disclaimer. Tapi entaran deh, bulan depan aja #procrastinating #asalways :))

Nah, itu saja. Walaupun jarang posting, setidaknya blog ini gak dihinggapi sarang laba-laba karena rutin kubersihkan dan kurawat :D

Kalau kamu, apakah suka maintain blogmu juga??

No comments:

Post a Comment

Baca juga :

About

Website ini mengenai review tentang produk Kosmetik. "menjadi cantik tak perlu mahal, tapi harus pintar dalam mencantikan diri"